Sabtu, 09 Maret 2013

CONTOH LAPORAN EXTRAKULIKULER PRAMUKA SD


scan0006Laporan Kegiatan Exstrakulikuler Pramuka di SDN Cijeler 1
Tahun 2012-2013


1.      Jenis kegiatan
1.1  kegiatan Exstrakulikuler Pramuka .
2.      Tempat dan waktu kegiatan.
2.1  Hari                             :  Jum’at
2.2  Tanggal                       :  28/09/2012
2.3   Tempat                       :  SDN Cijeler 1
2.4  Waktu                                     :  02 :00 – 04:00
3.      Tujuan Kegiatan.
3.1  Menjadikan peserta didik  menjadi  manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
3.2  Menjadikan peserta didik menjadi  manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
3.3  Menjadikan peserta didik menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
3.4  Menjadikan peserta didik menjadi manusia yang  berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.
4.      Tahap – tahap kegiatan .

4.1  Materi ajar :
-          Dasadharma pramuka.
-          Trisatya  pramuka.
-          Gerakan baris berbaris ( PBB ).
-           
Dasadharma, Pramuka itu:

1.      Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3.      Patriot yang sopan dan ksatria.
4.      Patuh dan suka bermusyawarah.
5.      Rela menolong dan tabah.
6.      Rajin, terampil, dan gembira;
7.      Hemat, cermat, dan bersahaja;
8.      Disiplin, berani, dan setia;
9.      Bertanggung jawab dan dapat dipercaya;
10.  Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.




Trisatya
          
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
1.      Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila
2.      Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
3.      Menepati Dasadarma
Materi             : Peraturan Baris Berbaris (PBB)
Sub Materi      : Baris Berbaris
Tujuan            :

1.      Peserta didik menjelaskan teknik dasar baris berbaris
2.      Peserta didik dapat mengidentifikasi teknik dan dasar
3.      Peserta didik terbiasa  melakukan  baris berbaris dengan benar

                                                      Pengertian Baris Berbaris
Suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatuorganisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu.



.                                  Maksud Dan Tujuan
Maksud dari PBB dibagi dua yaitu :
1.      Maksud Umum adalah suatu latihan awal membela negara dan dapat membedakan hak dan kewajiban
2.    Maksud Khusus adalah menanamkan rasa disiplin, mempertebal rasa semangat kebersamaan

Tujuan dari PBB adalah :
menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna. Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
Disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri.
 Aba - Aba
                        PengertianSuatu perintah yang di berikan oleh seorang Komandan kepada   pasukannya, untuk dilaksanakan secara serentak atau berturut-turut.
 Macam aba-aba
1.      Aba-aba petunjuk
Di gunakan bila perlu untuk menegaskan maksud dari aba-aba peringatan / pelaksanaan.
2.      Aba-aba peringatan
Inti perintah yang cukup jelas untuk dilaksanakan tanpa ragu-ragu.
3.          Aba-aba pelaksanaan
Ketegasan mengenai saat untuk melaksanakan aba-aba petunjuk / peringatan dengan serentak atau berturut-turut.
Aba-aba pelaksanaan yang di pakai :
GERAK
Untuk gerak-gerakan tanpa meninggalkan tempat menggunakan kaki atau anggota tubuh lain baik dalam berhenti maupun berjalan.
 JALAN
Untuk gerakan-gerakan kaki yang dilakukan dengan meninggalkan tempat. Catatan : Bila gerakan meninggalkan tempat itu tidak terbatas jaraknya, maka di dahului dengan aba-aba peringatan ” maju ”.
MULAI
Untuk pelaksanaan perintah yang harus di kerjakan berturut-turut.

Gerakan Perorangan Tanpa Senjata / Gerakan Dasar
A. Sikap Sempurna
B. Aba –aba : ” Siap – GERAK ”
C. Pelaksanaan :
1. Badan / tubuh berdiri tegap, kedua tumit rapat, kedua kaki merupakan sudut 60o
2. Lutut lurus, paha rapat, berat badan di kedua kaki.
3. Perut di tari sedikit, dada di busungkan, pundak di tarik ke belakang dan tidak di naikan.
4.Lengan rapat pada badan, pergelangan tangan lurus, jari tangan menggenggam tidak terpaksa, rapat di paha.
5. Ibu jari segaris dengan jahitan celana.
6.   Leher lurus, dagu di tarik, mulut di tutup, gigi rapat, mata lurus ke depan, bernafas wajar.
7.  Istirahat
8. Aba-aba : ” Istirahat Ditempat – GERAK ”
Pelaksanaan :
A.  Kaki kiri di pindahkan kesamping kiri, sepanjang telapak kaki ( ± 30 cm ).
B. Kedua belah lengan dibawa ke belakang di bawah pinggang, punggung tangan kanan di atas telapak tangan kiri, tangan kanan di kepalkan dengan di lepaskan, tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan di antara ibu jari dan telunjuk serta kedua lengangan di lemaskan.
C. Dapat bergerak.







   Lencang Kanan / Kiri
A. Hanya dalam bentuk bersaf.
B.  Aba-aba : ” Lencang kana / kiri – GERAK ”
C. Pelaksanaan :
1. Mengangkat tangan kanan / kiri ke samping, jari-jari tangan kanan / kiri
2.  Menggenggam, punggung tangan menghadap ke atas.
3. Bersamaan dengan ini kepala di palingkan ke kanan / kiri, kecuali penjuru kana / kiri.
4. Masing-masing meluruskan diri, hingga dapat melihat dada orang di sebelah kanan / kiri-nya.
5. Jari-jari menyentuh bahu orang yang di sebelah kanan / kirinya.

            Catatan :
1.   Bila bersaf tiga, saf tengah belakang, kecuali penjuru, setelah meluruskan ke depan, ikut pula memalingkan muka ke samping dengan tidak mengangkat tangan.
2.  Penjuru saf tengah dan belakang, mengambil antara kedepan setelah lurus menurunkan tangan.
3. Pada aba-aba : ” Tegak GERAK ”, semua dengan serentak menurunkan lengan dan memalingkan muka kembali ke depan.

Setengah Lencang Kanan / Kiri
A.    Aba-aba : ” Setengah Lengan Lencang Kanan – GERAK ”
Pelaksanaan :
1.    Seperti pelaksanaan lencang kanan, tetapi tangan kanan / kiri di pinggang ( bertolak pinggang ) dengan siku menyentuh lengan orang yang berdiri di sebelahnya.
2. Pergelangan tangan lurus, ibu jari di sebelah belakang dan empat jari lainnya rapat satu sama lain di sebelah depan.
3.  Pada aba-aba ” Tegak Gerak ” = Seperti pada aba-aba lencang kanan.

    Lencang Depan
A.  Hanya dalam bentuk banjar.
B. Aba-aba : ” Lencang Depan - GERAK ”
C.   Pelaksanaan :
1. Penjuru tetap sikap sempurna.
2.  Nomor dua dan seterusnya meluruskan ke depan dengan mengangkat tangan ke depan.
3.  Lengan kanan lurus, tangan menggenggam, punggung tangan menghadap ke atas, mengambil jarak atau satu lengan dan di tambah dua kepal.
4.   Pada aba-aba ”Tegak Gerak ”, semua dengan serentak menurunkan tangan kembali ke sikap sempurna.

    Berhitung
A. Aba-aba : ”Hitung - MULAI ”
B. Pelaksanaan :
1.  Jika bersaf,penjuru tetap melihat ke depan, saf depan memalingkan muka ke kanan.
2. Pada aba-aba pelaksanaan, berturut-turut mulai dari penjuru menyebut nomor, sambil memalingkan muka ke depan.
3. Jika berbanjar, semua dalam keadaan sikap sempurna.
4. Pada aba-aba pelaksanaan, mulai penjuru  kanan depan berturut-turut ke belakang.
5.  Penyebutan nomor di ucapkan penuh.
6. Perubahan Arah

 Hadap kanan / kiri
A. Aba-aba : ” Hadap kanan / kiri - GERAK ”
B. Pelaksanaan :
 1. Kaki kanan / kiri melintang di depan kaki kanan / kiri, lekuk kaki kanan / kiri berada di ujung kaki kanan / kiri, berat badan berpindah ke kaki kanan / kiri.
2.  Tumit kaki kanan / kiri dengan badan di putar ke kanan 90o.
3. Kaki kanan / kiri di rapatkan kembali seperti sikap sempurna.
Hadap serong kanan / kiri
A. Aba-aba : ” Hadap serong kanan / kiri - GERAK ”.
B. Pelaksanaan :
1.  Kaki kanan / kiri di ajukan ke depan, sejajar dengan kaki kanan / kiri.
2. Berputar arah 45o ke kanan / kiri.
3. Kaki kanan / kiri di rapatkan kembali ke kaki kanan / kiri.
4.2  Kegiatan awal:
-        Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
-       Guru mengabsen siapa saja yang hadir dan yang tidak hadir dalam  kegiatan pramuka
-       Guru memotivasi siswa bahwa kegiatan pramuka di sekolah dasar itu sangat penting.
4.3  Kegiatan inti
-       Guru memberikan materi yang berkaitan kegiatan.
-       Guru mengajak siswa untuk  mengikuti apa yang diucapkan guru  yang berkaitan dengan materi .
-       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa .
4.4  Kegiatan akhir .
-       Guru mengajak siswa untuk bersama – sama membacakan materi yang sudah disampaikan.
-       Guru membrikan permainan yang berkaitan dengan pramuka yang bertujuan untuk melatih daya konsentrasi siswa.
-       Guru memberikan nasehat kepada siswa untuk menghapalkan kembali tentang materi yang sudah di berikan.
-       Guru megajak semua siswa sebelum kegiatan berakhir semua siswa harus membaca doa menurut kepercayaan nya masing-masing.























                   Pembina Penggalang  putra I                                            Ma’bigus         




Nandang Ruhimat                                                       Sumarna,S.Pd.
NIP.196507291988031002                                        NIP.196606301986101002



               Pembina Penggalang putra II                                         Pembina  Siaga putri I



            T.Abdurachman                                                       Nanah Hasanah.N
   NIP.195503121984121001                                           NIP.196010081982012008



   Pembantu




  Yadi.Nugraha                             
                                                            NIP.







scan0006Absen siswa yang mengikuti Kegiatan exstra kulikuler PramukaTahun 2012 -2013






No

Nama

Kelas

Paraf
1.
Agys
III

2.
Mae
IV

3.
Theni
VI

4.
Ida
V

5.
Rela
V

6.
Novia
VI

7.
Meliawati
IV

8.
Suci
III

9.
Tuti
IV

10.
Shifa
IV

11.
Maya
VI

12.
Andini
VI

13.
Tian
IV

14.
Tatang
IV

15.
Dadan
IV

16.
Ikhsan
III

17.
Iman
V

18.
Ikhsan
VI

19.
Juanda
VI

20.
Angga
IV

21.
Juandi
VI

22.
Aldi
VI

23.
Ai
III

24.
Rita
III

25.
Farhan
III

26.
Arul
III

27.
Redi
III

28.
Dewi
V

29.
Yaya
VI

30.
Reza
VI

31.
Renaldi
VI


:






        

0 komentar:

Poskan Komentar